Banyak yang belum mengetahui bahwa logistik dan ekspedisi ternyata adalah dua hal yang berbeda. Walau sebenarnya sama-sama merupakan jasa pengiriman yang sering digunakan, seringkali orang-orang belum mengetahui perbedaannya, dan jasa mana yang harus mereka gunakan untuk mengirim barang mereka.

Kedua jasa ini sering digunakan untuk pengiriman barang di marketplace, bahkan ada yang menjadi partner untuk mendapatkan keuntungan seperti diskon atau bahkan gratis ongkir. 

Jasa Logistik merupakan jasa pengiriman barang dalam jumlah berat dan volume yang besar, biasa digunakan untuk mengirim barang yang memiliki berat lebih dari 10 kg. Berbeda dengan jasa Ekspedisi, jasa Logistik memiliki minimal berat barang yang harus dicapai untuk bisa menggunakan jasa ini. Jasa ini biasa dianggap lebih murah jika digunakan untuk mengirim barang-barang besar. 

Jasa Ekspedisi merupakan jasa pengiriman barang dalam jumlah dan volume yang sedikit. Tidak ada minimal berat yang harus dicapai barang untuk menggunakan jasa ini. Biasanya untuk pengiriman barang-barang kecil dan ringan seperti baju atau sepatu menggunakan jasa ini. 

Nah itu perbedaan Ekspedisi dan Logistik yang biasanya digunakan sebagai jasa pengiriman barang. Pilihlah jasa pengiriman yang paling murah, dan pastikan barang yang akan Anda kirim sesuai dengan jasa pengirimannya.