Meskipun mungkin terdengar sudah agak terlambat untuk membuat rencana cadangan untuk rantai pasok Anda di tengah krisis COVID-19, tapi rasanya tidak pernah ada waktu yang tidak tepat untuk mulai merencanakan masa depan. 

Berikut beberapa praktik terbaik yang mungkin bisa membantu Anda mengembangkan rencana darurat logistik, yang akan mengarahkan bisnis Anda melalui peristiwa apapun yang mungkin dapat mengganggu rantai pasokan Anda:

Bersikaplah fleksibel

Rasanya tidak ada cara lain bagi Anda selain harus cermat memperhitungkan setiap kemungkinan terjadi dari setiap scenario. Kabar baiknya adalah bahwa perencanaan kontinjensi atau rencana cadangan dirancang untuk menjadi bagian dari proses yang berkelanjutan dan berulang, yang dapat beradaptasi dengan perubahan dari waktu ke waktu. 

Rencanakan apa yang Anda bisa sekarang dan terus dapatkan informasi tentang faktor-faktor yang mungkin mengubah rencana Anda, kemudian bangun fleksibilitas ke dalam proses Anda sehingga Anda dapat merencanakannya dengan tepat.

Tingkatkan visibilitas rantai pasokan Anda

Meskipun terdaftar sebagai prioritas utama dari tahun ke tahun, tapi hingga 2017 hanya 6% perusahaan yang melaporkan bahwa mereka memiliki visibilitas penuh ke dalam rantai pasokan mereka. Kurangnya visibilitas dapat menyebabkan Anda menutup mata terhadap titik-titik lemah dalam rantai pasokan Anda, yang pada akhirnya dapat membuat Anda rentan terhadap kejadian yang tidak terduga. 

Solusi visibilitas rantai pasokan adalah sumber daya yang sangat berharga untuk memetakan dan memantau rantai pasokan global Anda, sehingga Anda menyadari potensi gangguan jauh sebelum terjadi dan dapat menyesuaikan rencana Anda sesuai kebutuhan.

Anutlah Hukum Murphy 

Menurut Hukum Murphy, “Apapun yang bisa salah akan menjadi salah.” Dalam hal gangguan rantai pasokan, selalu pikirkan – dan rencanakan – kemungkinan yang terburuk. Cari tahu dengan baik sebelumnya bagaimana Anda ingin menanggapi dalam skenario gangguan yang berbeda, kembangkan rencana cadangan untuk setiap langkah rantai pasokan Anda jika ada yang gagal, dan komunikasikan dengan jelas kepada karyawan Anda soal apa peran dan tanggung jawab mereka. 

Dengan begitu, ini tidak hanya akan membantu Anda mengurangi efek yang berpotensial mengganggu alur pasokan Anda, tetapi juga bangkit kembali dari peristiwa yang mengganggu dengan lebih sigap dan cepat.

Kembangkan strategi untuk pengiriman darurat

Seperti yang telah kita lihat sepanjang kasus COVID-19, pengiriman darurat menjadi prioritas utama dalam skenario gangguan. Pertimbangkan dengan cermat kebutuhan transportasi Anda sebelum mengevaluasi jasa kurir untuk memastikan bahwa mereka dapat memenuhi persyaratan penting Anda dan menjaga arus barang, bahkan dalam situasi darurat.

Buat beberapa rencana darurat

Hanya ada satu hal yang lebih baik daripada rencana kontingensi logistik, dan itu adalah beberapa rencana kontingensi logistik. Siapkan rencana A, B, C, dan seterusnya sehingga bisnis Anda siap untuk apapun; ini sangat membantu dalam memastikan bahwa strategi rantai pasokan Anda yang lebih besar adalah sefleksibel mungkin.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar atau hanya ingin informasi lebih lanjut tentang cara menyesuaikan bisnis Anda dengan masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda.