Jika perusahaan Anda bergerak dalam industri logistik, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “ERP”. Sebuah sistem/ software terintegrasi harus dimiliki perusahaan yang bergerak dalam industri logistik, karena akan mempermudah alur pekerjaan di sebuah perusahaan. Software Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengelola berbagai macam aktivitas manajemen proses bisnis dalam suatu perusahaan. 

Dengan berkembangnya suatu perusahaan, pastinya akan memiliki demand yang lebih besar, maka dari itu akses informasi proses bisnis harus lebih terawasi, untuk memastikan workflow lancar. ERP hadir sebagai solusi untuk memudahkan pekerjaan di setiap departemen. 

Kegiatan operasional lebih mudah dilaksanakan, karena sistem terintegrasi dengan baik

Bayangkan betapa lebih mudahnya ketika semua pekerjaan dapat teratur dalam satu sistem. Keuntungan utama dari penggunaan ERP adalah perusahaan dapat mengatur banyaknya pekerjaan dari beberapa departemen dalam satu sistem terpercaya.

Mencegah atau mengurangi human error yang dapat terjadi

Setelah memasukkan informasi ke dalam sistem ERP, sistem akan mendistribusikan informasi tersebut ke semua departemen yang membutuhkannya. Tentunya hal ini akan menghilangkan adanya duplikasi informasi sehingga mengurangi masalah kesalahan data. 

Pengurangan biaya kebutuhan perusahaan

Tentu saja, perusahaan selalu ingin menggunakan sistem secara efektif dalam hal fungsionalitas dan biaya. ERP adalah sejenis perangkat lunak yang membantu mengurangi biaya operasional, karena fungsi ERP dapat memusatkan proses bisnis yang berbeda. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengontrol pemasaran, persediaan, produksi dan biaya lainnya.

Mendapatkan data dan informasi secara real-time

Salah satu kelebihan ERP adalah data dan informasi dapat diperoleh secara real time. Bagi perusahaan, sangat penting untuk mendapatkan data dan informasi real-time, karena laporan bisnis yang akurat akan membantu perusahaan Anda mengambil keputusan terbaik untuk masa depan bisnis.

Dari segi fungsi dan manfaat, ERP merupakan solusi yang dapat digunakan di berbagai bidang salah satunya adalah sektor logistik. ERP memungkinkan perusahaan dari berbagai industri untuk mengelola semua fungsi bisnis mereka. ERP dapat digunakan sebagai strategi bisnis karena dapat menghubungkan manajemen dan operasi untuk membantu perusahaan mencapai fleksibilitas dan keunggulan operasional.

(dari berbagai sumber)