Industri logistik sekarang berkembang dan akan terus berubah seiring perusahaan yang berkembang menerapkan teknologi dan inovasi baru setiap tahun. Namun karena tantangan industri yang semakin meningkat, perkembangan ini membutuhkan perubahan dalam manajemen logistik. 

Manajemen logistik merupakan bagian dari proses rantai pasokan, termasuk perencanaan, implementasi dan pengendalian untuk meningkatkan efisiensi dan efisiensi Arus dan penyimpanan barang, jasa dan informasi terkait dari titik awal hingga titik penggunaan dalam memenuhi pesanan permintaan pelanggan.

Lantas, apa saja tantangan yang dihadapi industri dan manajemen logistik saat ini? Berikut penjelasannya.

Kurangi biaya transportasi 

Kenaikan harga bahan bakar dan inflasi merupakan faktor yang meningkatkan biaya transportasi. Solusi dari masalah ini adalah dengan berinvestasi pada transportasi yang menggunakan bahan bakar yang lebih efisien, seperti biodiesel, listrik, dan gas alam. Penggunaan software logistik yang dapat memberikan prediksi tersebut dapat memudahkan perusahaan dalam menghadapi tantangan industri logistik.

Manajemen hubungan pemasok 

Pemasok atau hubungan antara pemasok dan perusahaan logistik merupakan tantangan yang harus ditangani dengan benar. Salah satunya adalah mengembangkan standar kerja yang disepakati bersama. Komunikasi adalah sarana terpenting untuk mencapai tujuan ini. Perusahaan logistik harus dapat memahami bisnis pemasok yang mereka semua coba manfaatkan dari layanan atau produk yang mereka sediakan

Manajemen Sumber Daya Manusia 

Manajemen sumber daya manusia bisa dikatakan salah satu tantangan tersulit, karena perusahaan logistik harus mampu memperlakukan karyawan secara manusiawi, namun tetap memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

Sistem logistik yang dapat diintegrasikan dengan sistem HRM dapat memudahkan manajer logistik dalam mengelola tugas dan rencana, memantau kinerja karyawan, membuat faktur, dll. Manajer dapat dengan mudah memantau karyawan dan memberitahu mereka tentang perubahan informasi yang perlu mereka ketahui.

Manajemen logistik harus mampu beradaptasi dengan struktur industri dan tantangannya yang selalu berubah. Oleh karena itu, untuk dapat melaksanakan pengelolaan logistik yang sukses harus dapat memenuhi kebutuhan bisnis.

*

*

Sumber: Hash Micro