Merencanakan bisnis saat pandemi Covid-19 sepertinya menjadi prioritas utama para pebisnis saat ini. Faktanya, pandemi Covid-19 tidak hanya mempengaruhi gaya hidup, tetapi juga mempengaruhi perputaran ekonomi di berbagai negara, yang membuat para pengusaha perlu bertahan dari wabah yang belum mencapai titik terang tersebut.

Entah berapa banyak perusahaan yang terpaksa tutup karena tidak bisa bertahan. Akibatnya, jumlah penganggur semakin meningkat. Oleh karena itu, agar bisnis dapat bertahan, para pelaku bisnis perlu mempersiapkan berbagai strategi untuk beradaptasi dengan situasi saat ini. 

Perlakukan Pelanggan Dengan Jujur 

Semenjak pandemi memang banyak hal yang berubah, dan banyak hal juga yang tertunda. Sebagai pemilik bisnis, langkah utama yang dapat dilakukan adalah jujur dengan pelanggan Anda. Jangan sampai bisnis Anda memiliki slow respond, ini hanya akan menimbulkan keresahan bagi pelanggan Anda. Jujur jika memang ada beberapa hal yang tertunda, serta memberikan solusi.

Fokus Pada Penjualan Online 

Berjualan secara online tidaklah sulit, sekarang adalah saat yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan penjualan online bisnis Anda. Anda dapat menggunakan layanan pos dan kurir untuk mengirimkan barang. Anda juga bisa menggunakan jasa pengiriman ojek online yang sudah menerapkan “door-to-door delivery”, yang bisa mengantarkan barang tanpa interaksi langsung dengan pengemudi, menjadikan pengiriman barang lebih aman.

Berkomunikasi Dengan Pemasok 

Tergantung jenis bisnis Anda, mungkin akan ada beberapa hal yang harus ditunda akibat pandemi. Dalam hal ini, Anda perlu berkomunikasi kembali dengan pemasok. Perjanjian tertentu mungkin perlu ditinjau untuk mencerminkan kondisi saat ini. Dengan cara ini, Anda dapat lebih mempersiapkan diri untuk situasi bisnis yang merugikan. 

Nah berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap mempertahankan bisnis Anda. Apapun tantangannya, sebagai seorang pemilik bisnis pastikan Anda harus selalu siap untuk terus beradaptasi. 

*

*

Sumber: Xendit