Beberapa saran yang mungkin sudah Anda tanyakan mungkin mengarahkan Anda pada penggunaan TMS outsourcing dibandingkan mengaplikasikannya secara total di dalam sistem manajemen perusahaan Anda, atau kustom.

Ada beberapa kelebihan, tapi ada pula kekurangannya. Dari konsumsi waktu dan biaya, menggunakan jasa TMS outsourcing memang lebih efisien. Tetapi, dengan cara ini Anda tidak akan bisa memenuhi persyaratan klien yang mungkin unik dan tidak tercakup oleh solusi host komersial standar. Belum lagi pemasangan perangkat keras dan pemeliharaan yang belum termasuk di dalamnya ketika Anda memilih TMS outsourcing untuk perusahaan Anda.

Tidak sedikit pula perusahaan takut menyerahkan kendali penuh atas data mereka kepada pihak ketiga, tetapi sebagian besar solusi yang dihosting memungkinkan perusahaan untuk mencadangkan data di server mereka sendiri, atau menyediakan akses cepat dan mudah ke dalam data. Bagaimanapun, penyedia dapat memiliki TMS, tetapi pengirim memiliki data yang dihasilkan TMS tentang perusahaan mereka.

Namun, mungkin dengan solusi TMS outsourcing, Anda bisa kapan saja menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan spesifikasi teknologi TMS yang cenderung cepat.

Khusus menyangkut faktor ini, rasanya kita bisa tenang dengan menggunakan cloud computing atau komputasi awan. Karena dengan itu, pengirim dari semua ukuran sekarang mampu membayar tagihan untuk sistem manajemen transportasi dan berdiri sejajar dengan ‘raksasa’.

Solusi yang dihosting, atau Software-as-a-Service (SaaS), serahkan semua kerumitan instalasi perangkat keras yang mahal dengan penyedia, memungkinkan penerapan yang lebih cepat. Formulir dan laporan standar memungkinkan integrasi yang mudah dengan mitra, dan dukungan serta ahli peningkatan berkelanjutan tersedia tanpa perlu mempertahankan personel tambahan pada staf.

SaaS juga sering menerima pembaruan, sehingga tetap terkini dengan perkembangan teknologi terdepan. TMS terbaru memastikan pengirim mendapatkan keuntungan dari semua efisiensi jaringan — seperti pelaporan yang lebih baik, pelacakan pengecualian yang lebih baik, dan konsolidasi muatan yang lebih mudah — yang berasal dari peningkatan visibilitas rantai pasokan.

Banyak eksekutif takut menyerahkan kendali atas data mereka kepada pihak ketiga, tetapi sebagian besar solusi yang dihosting memungkinkan perusahaan untuk mencadangkan data di server mereka sendiri, dan / atau menyediakan akses cepat dan mudah ke data. Bagaimanapun, penyedia dapat memiliki TMS, tetapi pengirim memiliki data yang dihasilkan TMS tentang perusahaan mereka.

Kalau begitu, keputusan kembali pada Anda. Manakah jasa TMS yang akan Anda aplikasikan pada perusahaan Anda? Semoga penjelasan dari kami memberikan pandangan yang lebih luas lagi pada pertimbangan Anda.