Selain mobil pribadi dan truk logistik, pelacak GPS juga dapat digunakan untuk peralatan dan aset konstruksi. Alat ini memiliki banyak manfaat terutama pada proyek konstruksi besar, dimana banyak kendaraan dan peralatan perlu diawasi. Ini adalah 4 alasan mengapa penting bagi perusahaan konstruksi untuk menggunakan pelacak GPS

Lindungi aset dan bahan bakar dari pencurian

Tentunya fungsi utama GPS tracker adalah untuk memantau lokasi aset kapanpun dan dimanapun melalui komputer atau handphone. Dengan menambahkan fungsi “identifikasi driver jarak jauh dan penghentian mesin”, keamanan aset dapat ditingkatkan. Tak hanya itu, perusahaan pelacak GPS (seperti Cartrack) biasanya memiliki fungsi sensor bahan bakar tambahan. Sensor memantau konsumsi bahan bakar dan kondisi pengisian bahan bakar untuk mencegah upaya pencurian dan penipuan.

Mendeteksi masuk dan keluar kendaraan di lokasi konstruksi

Fitur pembatasan wilayah di pelacak GPS memungkinkan Anda menandai area yang diperlukan untuk pelacakan – dalam hal ini, lokasi konstruksi Anda. Anda dapat mempelajari waktu saat kendaraan masuk dan keluar dari area bangunan; durasi kendaraan berhenti, mengemudi, dan parkir; serta jarak dan kecepatan maksimum kendaraan di pembatasan wilayah. Jika Anda ingin peringatan real-time saat kendaraan atau alat berat dibawa ke luar area konstruksi, Anda juga dapat mengaturnya. Notifikasi tersebut dapat dikirim melalui SMS atau email.

Lacak penyalahgunaan perangkat di luar pekerjaan

Dengan alat untuk memantau start dan stop mesin, Anda dapat melacak penggunaan peralatan konstruksi. Selain itu, jam kerja peralatan konstruksi juga dapat dipantau melalui power take off (PTO). Peralatan jenis ini dihubungkan dengan peralatan mekanik peralatan konstruksi, seperti kait derek, batang hidrolik, dan derek. Dikombinasikan dengan fungsi geofencing, kedua perangkat dapat melacak penggunaan dan jam kerja perangkat di luar area, serta waktu penggunaan dan waktu penggunaan.

*

dari berbagai sumber