Memiliki truk besar di industri jasa transportasi maupun logistik membuat Anda harus lebih memperhatikan kondisi truk tersebut. Jika tidak dirawat dengan baik kemungkinan besar akan menyebabkan masalah atau kerusakan pada truk Anda. Ini jelas akan mempengaruhi bisnis Anda sebagai pengusaha di bidang ini. Selain fokus pada perawatan secara menyeluruh, masalah yang sering dihadapi pemilik truk adalah kondisi ban truk yang mudah rusak. 

Ban adalah bagian penting dari kendaraan. Di musim hujan, performa ban dituntut untuk memberikan performa terbaik. Untuk hasil terbaik, berikut tips merawat ban saat musim hujan!

Perhatikan tapak ban 

Tapak ban sangat berperan untuk daya cengkram ban ketika mobil melaju. Selain itu, ketika and melewati jalanan yang licin, tapak ban bisa berguna untuk menjaga kendali terhadap truk Anda. Tapak ban dapat berguna untuk mencegah slip pada truk Anda ketika melewati jalanan licin. Perhatikan terus kualitas tapak ban truk Anda dan gantilah jika memang sudah tampak aus.

Lakukan rotasi ban 

Setiap sumbu pada truk memiliki tekanan yang berbeda, pada ban depan dan ban belakang mobil truk juga memiliki tekanan yang berbeda sehingga penting bagi Anda untuk melakukan rotasi pada ban truk Anda. Hal ini berguna supaya ban mobil truk Anda memiliki tekanan yang seimbang antara satu sama lain. Lakukan rotasi menyilang atau rotasi lurus untuk ban truk Anda.

Pertahankan tekanan ban

Saat menjaga tekanan ban, Anda perlu memperhatikan tekanan udara di dalam ban. Menjaga tekanan pada ban dapat mencegah truk tidak populer. Selain itu, ban dengan tekanan rendah cenderung meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Lakukan penggantian ban

Setelah melakukan konfirmasi dan pengecekan kondisi ban truk, bila perlu ban perlu diganti. Jika ban perlu diperbaiki, segera perbaiki. Begitu pula jika ban harus diganti, ban baru harus diganti untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara.Di antara semua tips yang diberikan, tips mana yang belum Anda selesaikan? Segera lakukan perintah tersebut agar tidak merusak truk dan tidak menghalangi peluang Anda untuk mengirimkan barang.

Inspeksi rutin

Dalam pengoperasian kendaraan besar seperti truk, Anda juga perlu melakukan pengecekan setiap hari. Dan jika kendaraan Anda dioperasikan secara rutin, Anda perlu melakukan pengecekan kondisi pengoperasian kendaraan setiap hari. Ini sangat penting untuk apa yang Anda lakukan setiap hari untuk menghindari kerusakan lebih lanjut di masa depan.

Nah itu dia beberapa tips untuk merawat ban mobil truk Anda supaya awet, dan juga dapat beroperasional dengan baik walau di musim hujan. Karena armada kendaraan merupakan salah satu aset terbesar bagi perusahaan logistik, maka harus dijaga dengan baik untuk mengoptimalkan keuntungan perusahaan Anda.

*

*

*

dari berbagai sumber