2020 segera membalik halaman terakhirnya. Lalu apa saja yang sudah Anda siapkan sebagai pelaku bisnis di industri transportasi khususnya transportasi logistik?

            Kabar gembiranya, seperti dilansir dari laman Liputan6.com, prospek atau peluang bagi industri jasa pengiriman logistik di tahun 2020 sangatlah menjanjikan. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham Masita dalam sebuah wawancara eksklusif.

            Tetapi, akurat atau tidaknya prediksi itu, imbuhnya, tentu tergantung pada kesiapan perusahaan logistik itu sendiri—khususnya dalam menyiapkan diri, salah satu contohnya adalah mengatur agenda terobosan-terobosan baru.  

Digitalisasi sistem

            Lebih tegas lagi ia menyampaikan, transformasi dalam hal digitalisasi logistik adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar demi bertahannya bisnis transportasi logistik selama dan pasca masa pandemi.

            “Pemain-pemain lama yang tidak ‘mempersenjatai’ diri dengan teknologi harus siap-siap kehilangan market yang selama ini mereka genggam dan merelakannya diambil oleh para pemain baru yang lebih terbarui dalam hal digitalisasi dan otomasi.

            Kecepatan pelayanan dalam alur kerja transportasi logistik tentu membutuhkan dukungan dari sistem yang sudah bertransformasi dari manual ke digital—yang tidak hanya setengah-setengah tetapi harus sepenuhnya.

“Bisnis logistik Indonesia yang nilainya sekitar Rp 150 triliun menurut Frost and Sullivan, akan menjadi peluang untuk model logistik yang baru pasca covid-19,” ujarnya

Tarif baru

Tahun yang baru, tentu menyeret pula tarif yang baru. Tetapi Anda harus ingat bahwa tarif baru bukan semata melontarkan tarif yang lebih mahal tanpa diikuti oleh kualitas yang juga semakin menjanjikan.

Seperti dikutip dari laman bisnis transportaasi logistik, tentukanlah tarif yang kompetitif dan seiring sejalan dengan nilai tambah yang akan didapatkan oleh calon pelanggan. Ingat, ada banyak sekali bisnis serupa di luar sana yang (mungkin) sedang mengincar prospek yang Anda tuju.

Karena itu, bersiaplah meningkatkan kualitas jasa dan sesuaikan dengan tarif yang juga beralasan. Dengan demikian, Anda bisa tetap bersaing di tengah dinamisme industri transportasi logistik.

Siapkah Anda memasuki 2021 yang semakin penuh dengan tantangan?