Manajemen transportasi dan logistik terkait erat dalam rantai pasokan. Transportasi sangat menentukan keberhasilan proses distribusi ke konsumen. Namun, jika tidak ada strategi pengelolaan logistik yang benar, maka akan sulit memenuhi kebutuhan pelanggan. Pada artikel kali ini, kami telah merangkum beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan transportasi dan logistik.

Membuat Rencana Untuk Prospek Kedepannya 

Langkah pertama yang diperlukan untuk manajemen transportasi dan logistik yang lebih baik adalah perencanaan yang matang. Dari pengadaan komoditas hingga penyimpanan komoditas hingga pengiriman komoditas, banyak elemen yang terlibat dalam perencanaan. Jika semua komponen yang terlibat dalam rencana ini dijalankan secara manual dan terpisah, maka akan sulit bagi manajer untuk menemukan masalah, memantau kemajuan dan melakukan perbaikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki sistem yang dapat mengintegrasikan semua proses.

Beralih Menggunakan Sistem Manajemen Transportasi Otomatis

Tidak ada metode yang lebih praktis daripada manajemen transportasi otomatis. Sistem manajemen transportasi otomatis membuat proses pengangkutan dan pengiriman barang menjadi lebih mudah. Operator akan dapat mengetahui kendaraan mana yang sedang beroperasi, di mana lokasinya dan kendala apa yang mereka hadapi.

Optimalkan Juga Pengelolaan Gudang Anda

Tanpa pengelolaan gudang yang baik, operasional logistik tidak akan berjalan mulus. Penyimpanan barang dan pengaturan gudang akan mempengaruhi proses pengiriman. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan semuanya beres.

Simpan barang yang mudah rusak di tempat yang sejuk (atau di lemari es tempat makanan disimpan). Tempatkan produk dengan permintaan tinggi di area yang mudah dijangkau. Buatlah forklift mudah melewati setiap lorong untuk mempercepat pengambilan barang, menggunakan sistem manajemen inventori yang terintegrasi dengan barcode scanner untuk lebih mudah mencatat barang yang masuk dan keluar.

Pengendalian Biaya Operasional

Mengontrol biaya operasional adalah cara yang baik untuk meningkatkan efisiensi manajemen transportasi dan logistik. Pertama, Anda perlu menganalisis semua biaya yang berkaitan dengan transportasi dan logistik. Ketahui apa yang menyebabkan pengeluaran Anda tinggi.

Salah satu cara paling efektif untuk menganalisis dan menghemat biaya operasi adalah dengan menggunakan solusi otomatis, seperti sistem ERP. Perangkat lunak dapat secara otomatis menjalankan seluruh proses, memastikan bahwa setiap proses berjalan dengan cepat dan akurat, sehingga meminimalkan kesalahan yang dapat menyebabkan kerugian. Selain itu, sistem juga dapat membantu memperkirakan pendapatan dan pengeluaran untuk periode tertentu sehingga Anda dapat mengalokasikan anggaran dengan lebih bijak.

*

*

*

Dari berbagai sumber