Kita semua tahu, bukan hanya karena era globalisasi seperti sekarang ini yang menjadikan masyarakat terbiasa berbelanja secara online di e-commerce. Tetapi, ditambah lagi dengan kondisi pandemi yang melanda, semakin banyak orang mengandalkan belanja dari jarak jauh, atau bahkan tidak lagi terbatas situasi, kondisi dan wilayah.

Inilah peluang yang harus jeli diperhatikan para pelaku industri logistik. Bahwa saat inilah yang paling tepat untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan inovasi-inovasi baru bagi para calon pelanggannya. Data dari Social Research & Monitoring soclab.com menunjukkan bahwa 77 persen dari 93,4 juta pengguna internet di Indonesia terbukti mencari informasi produk dan berbelanja secara online.

Sementara perusahaan logistik Anda mempersiapkan diri, berikut adalah lima solusi yang dapat terlebih dahulu diperhatikan oleh perusahaan logistik, seperti dilansir dari laman Liputan6

1. Pengelolaan manajemen armada yang baik

Penting bagi perusahaan memastikan armada dapat digunakan secara maksimal dan efisien. Perusahaan juga perlu mengatur jadwal perjalanan yang tepat agar sesuai dengan ekspektasi pelanggan dan keberadaan kendaraan.

2. Armada dapat melakukan banyak tugas dalam satu perjalanan

Supaya tak rugi, perusahaan harus menghindari kekosongan muatan dalam satu perjalanan. Untuk menyiasatinya, perusahaan perlu memaksimalkan keberadaan armada untuk dapat melakukan perjalanan ke berbagai tujuan dengan pemilihan rute dan penjadwalan yang tepat.

3. Memastikan kesehatan armada

Armada sebagai aset inti perlu dirawat agar tetap prima. Perusahaan logistik sebaiknya memiliki jadwal perawatan armada yang teratur dan melakukan identifikasi kerusakan dini agar dapat terhindar dari hal-hal merugikan.

4. Informasi distribusi yang transparan bagi pelanggan

Guna memberikan kenyamanan bagi pelanggan, perusahaan perlu memberikan fasilitas yang memungkinkan pelanggan dapat mengetahui status keberadaan barangnya. Dengan begitu, pelanggan merasa lebih nyaman dan aman.

5. Memanfaatkan IT teknologi di era Digital

Era digital membawa perubahan besar dalam berbagai lini, diantaranya kehidupan sosial masyarakat, gaya hidup, dan sistem perdagangan. Karena itu, penting bagi perusahaan untuk memanfaatkan teknologi IT guna menjangkau kebutuhan para pelanggannya.

Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan otomatisasi sistem kerja, sehingga dapat membantu manajemen mengambil keputusan dalam hal optimalisasi dan efisiensi.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, perusahaan perlu memiliki sebuah sistem/platform digital yang khusus mengimplementasi kebutuhan manajemen armada, seperti salah satunya menggunakan Transportation Management System (TMS). Hubungi kami untuk optimasi perusahaan logistik Anda sekarang juga!