Masalah keterlambatan pengiriman tampaknya telah menjadi tantangan utama seluruh perusahaan logistik. Sementara seluruh perusahaan logistik menuliskan atau menetapkan estimasi waktu pengiriman barang, yang mencakup satu hingga 7 hari tergantung jarak kirim, di sisi lain mereka juga harus berpacu dengan waktu untuk dapat menepati janji meski keterlambatan pengiriman senantiasa terasa riskan.

Apa sajakah faktor penyebab keterlambatan pengiriman barang pada operasional ekspedisi?

Kekeliruan data input

Human error akan selalu menjadi salah satu faktor terbesar terjadinya kesalahan dalam sebuah operasional. Dalam hal pengiriman barang, hal ini biasanya terjadi ketika melakukan kesalahan input data alamat ke dalam sistem, yang mana akan menyebabkan kurir kesulitan menemukan alamat kirim yang sesuai.

Tenaga kurir yang kurang kompeten

Tidak jarang, keterlambatan pengiriman terjadi justru karena tenaga kurir kurang mendapatkan pelatihan yang mumpuni, selain itu juga kebanyakan masih tidak menanamkan komitmennya secara optimal dalam bekerja.

Kendala cuaca

Cuaca yang buruk seperti musim hujan yang berkepanjangan seperti saat ini tentu menjadi salah satu faktor yang memengaruhi keterlambatan dalam pengiriman.

Barang tertukar

Kendatipun data yang dimasukkan sudah tepat dan lengkap, ada kalanya jasa pengiriman keliru memberikan barang kiriman pada saat sudah sampai di lokasi pengiriman.

Kondisi lalu lintas

Gangguan lainnya dalam hal pengiriman barang juga bisa disebabkan oleh kendala pada perjalanan, semisal kemungkinan kondisi kemacetan di beberapa titik yang dilalui oleh kendaraan logistik.

Kesalahan manajemen Gudang

Banyaknya paket yang tertahan di Gudang dikarenakan faktor eksternal seperti bencana alam ataupun cuaca ekstrem juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya keterlambatan dalam proses pengiriman barang.

Dari sekian banyak faktor penyebab keterlambatan pengiriman barang, tentu ada beberapa hal yang bisa Anda kendalikan. Contohnya, kesalahan pada manajemen penyimpanan atau gudang, sesungguhnya bisa Anda kendalikan dengan mengaplikasikan sistem manajemen yang terintegrasi, yaitu dengan menggunakan Transportation Management System. Ingin tahu lebih lanjut, hubungi Mixtra team segera!