Personalia, atau dalam Bahasa Inggris lebih awam dikenal dengan istilah Human Resource, memberikan gambaran tentang sekelompok individual yang tergabung memberikan kontribusi tenaga kepada sebuah perusahaan, dengan mendapatkan imbalan dalam jangka waktu tertentu.  

Istilah ini dikenal pertama kalinya pada tahun 1960-an ketika hubungan kerja antara karyawan dan penyedia lapangan pekerjaan terbentuk. Sebuah definisi mendeskripsikan bahwa HR merupakan sebuah paying besar yang mengelola dan mengembangkan karyawan dalam sebuah perusahaan, atau dalam istilah awalnya dikenal dengan ‘manajemen personalia’.

Peran HR dalam sebuah perusahaan juga sangat besar karena mengemban beberapa fokus kerja yang cukup krusial. Diantaranya adalah:

  1. Prekrutan dan penempatan tenaga kerja
  2. Menghitung upah, tunjangan dan kesejahteraan karyawan
  3. Memberikan pelatihan dan pembelajaran
  4. Memastikan keselamatan kerja karyawan
  5. Menciptakan hubungan yang harmonis antara karyawan dan perusahaan
  6. Melakukan upaya pengembangan dan pelatihan karyawan

Dari sekian banyak peran yang harus diprioritaskan oleh HR, tentunya diperlukan pengelolaan yang tepat dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan memilih software HR Management yang tepat. Namun, sebelum lebih jauh, tentunya kita juga perlu memahami apa saja peran utama perangkat lunak HR Management. Tiga yang terutama adalah, administrasi, pelacakan personel dan juga payroll.

Dari ketiga peran utama tersebut, yang paling menyita perhatian serta waktu tentunya adalah soal manajemen cuti, penghitungan hari kerja, yang keseluruhannya akan bermuara pada kalkulasi serta pelacakan payroll.

Oleh karena itu, dalam sebuah perusahaan pasti dibutuhkan perangkat lunak khusus manajemen HR yang berkualitas dan memahami kebutuhan yang terjadi sehari-hari di lapangan. Dengan menggunakan bantuan software yang terintegrasi, berbasis komputasi otomatis, tentunya akan memberikan Anda tingkat efisiensi yang besar.

Bersama Mixtra, pengelolaan personalia Anda yang sebelumnya dilakukan secara manual, memakan waktu yang banyak dan merepotkan akan disulap menjadi lebih sederhana, mudah diaplikasikan serta dioperasikan siapa saja, tanpa harus khawatir dengan proses familiarisasi yang bertele-tele.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut serta demonstrasi produk software yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.